Rabu, 09 November 2011

KESENJANGAN SOSIAL DI DALAM MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN PRIBADI MANUSIA ITU SENDIRI


KESENJANGAN SOSIAL DI DALAM MASYARAKAT TERHADAP PERKEMBANGAN PRIBADI MANUSIA ITU SENDIRI.

Kesenjangan sosial adalah kesenjangan social merupakan fenomena masyarakat yang bersifat globa. Terjadi baik di Negara maju ataupun Negara terbelakang. Bahkan proses integrasi ekonomi global cenderung akan mempertajam perbedaan kelompok kaya dan kelompok miskin. Lembaga study di Amerika Serikat, misalnya Institute for policy study sebagaimana dimuat pada Herald Tribune, 24 Januari 1997, mengemumukan bahwa ekonomi global akan menciptakan kesenjangan antara kelompok kaya dan kelompok miskin yang luar biasa. Diramalkan bahwa kekayaan dari 447 oarng terkaya di dunia akan lebih besar daripada pendapatan penduduk miskin yang mencakup sekitar separuh dari penduduk dunia, dan dua per tiga penduduk dunia akan mengalami proses kemiskinan. Bagi Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, kesenjangan social merupakan ancaman keamanan nasional sebab ketimpangan social ini akan berakumulasi dan bersinergi dengan berbagai persoalan masyarakat yang kompleks. Ujung-ujungnya persoalan ketimpangan social ekonomi tersebut akan mengganggu proses pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, kesenjangan social tidak hanya perlu dijadikan topic pembahasan  diberbagai seminar tetapi perlu untuk dicari pemecahanya secara jernih.
·         Kemiskinan
  Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global, sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif
dan kompratif sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluative dan yang lainnya bagi memahaminya dari sudut ilmuah yang telah mapan.
·         Kemacetan lalu lintas
Masalah social yang satu ini lebih sering terjadi terutama di kota-kota besar. Padahal efek dari kemacetan ini juga dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar. Misalnya, karena harus antri di keramaian lalu lintas orang akan kehilangan banyak waktu untuk bekerja atau kegiatan lain yang produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar