Selasa, 06 Maret 2012

faktor-faktor yang menyebabkan perubahan kebudayaan



Factor-faktor yang menyebabkan perubahan kebudayaan.
Budaya adalah salah satu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk system agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni.
Kebudayaan dalam suatu bangsa tentunya akan berkembang dari masa ke masa sesuai perkembangan teknologi yang ada. Mulai dari kebudayaan yang masih dikatakan tradisional, peralihan bahkan budaya yang telah mengalami modernisasi. Perubahan atau pergeseran suatu kebudayaan sudah sering kita dengar. Dan tentunya semua memiliki factor-faktor penyebab, factor-faktor penyebab ini yaitu factor internal dan factor eksternal.
Factor internal yang menyebabkan terjadinya perubahan kebudayaan diantaranya yaitu adanya penemuan-penemuan baru yang hadir di kehidupan masyarakat seperti discovery, invention dan innovation. Factor lainnya yaitu adanya pertambahan dan pengurangan penduduk (kelahiran, kematian, migrasi).
Factor eksternal merupakan factor yang sangan berpengaruh dalam perubahan kebudayaan suatu bangsa. Seperti yang telah kita ketahui yaitu adanya globalisasi yang telah menyebar luas melalui berbagai media. Globalisasi ini apat berupa kebudayaan asing yang masuk ke dalam suatu bangsa. Masuknya kebudayaan asing ke dalam suatu bangsa dapat berupa difusi (penyebaran kebudayaan). Alkulturasi (penggabungan kebudayaan namun masih terlihat ciri khas) dan asimilasi (penggabungan kebudayaan namun masih terlihat ciri khas), dan asimilasi (penggabungan kebudayaan yang menghasilkan budaya yang benar-benar baru). Dalam hal ini sangatlah diperlukan rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri. Jika tidak, maka kebudayaan asli suatu bangsa akan semakin terkikis sedikit demi sedikit dan bahkan akan menghilang.

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus